3 Pelajaran Kehidupan yang Harus Kamu Pahami di Usia Dewasa
lifestyle

3 Pelajaran Kehidupan yang Harus Kamu Pahami di Usia Dewasa

Kehidupan yang terus berjalan dan umur yang semakin menua memberikan kita banyak pengetahuan. Terlebih lagi soal dunia kehidupan. Pastinya tidak hanya satu, tapi lebih dari itu. Di bawah ini ada 3 pelajaran penting yang harus kamu pahami ketika dewasa. 

1. Waktu dan energi adalah hak termahal di dunia

Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini dikarenakan waktu membawa kita ke berbagai fenomena. Mulai dari hal yang menyakitkan sampai yang menyenangkan. Sama halnya dengan energi yang kita keluarkan untuk macam-macam hal. Jadi, pastikan kita menukarkan keduanya dengan sesuatu yang layak dan patut dibanggakan.

Gunakan waktumu untuk melakukan kebaikan. Keluarkan energimu untuk sesuatu yang penting dan juga membantu orang lain. Belajarlah dengan tekun dan berusaha sampai kamu bisa mencapai di titik yang kamu inginkan. 

2. Orang lain tidak selalu berpandangan sama mengenai perasaan kita

Mungkin kamu pernah atau bahkan sering merasa orang lain sering keliru menilai kehidupan yang kamu punya. Mungkin saja kamu terlihat menyedihkan bagi mereka, padahal faktanya kamu bahagia. Contohnya adalah ketika kamu berpakaian sederhana dan pergi bekerja menggunakan sepeda.

Padahal hal itu menjadi rutinitas kebahagiaanmu. Tapi bisa jadi orang lain memandang bahwa kamu perlu kebahagiaan lebih. Tapi hal itu tidak masalah. Karena kewajiban orang lain bukanlah mengurusi kehidupan yang kita miliki. 

3. Kita kecewa dengan orang lain karena ekspektasi sendiri

Kalian pernah pastinya kecewa dengan orang lain. Rasanya memang sangat tidak mengenakkan. Tapi ada satu hal penting yang harus kamu pahami. Kita kecewa dengan orang lain karena ekspektasi kita yang tidak sesuai dengan dirinya. Saat kita berfikir dia tidak mungkin melakukan hal demikian, tapi nyatanya melakukannya, maka itu menjadi pemicu kekecewaan yang kita rasakan. Untuk itu, kita tidak boleh meletakkan kepercayaan terlalu tinggi kepada orang lain. Kita juga tidak boleh menganggap bahwa orang lain tidak pernah berbuat kesalahan. 

Apapun yang kita pelajari dari kehidupan ini, semuanya berarti. Bahkan saat hal itu tidak diajarkan di sekolahan. Tapi faktanya kita mampu belajar dengan baik dari realita. Untuk itu, jangan pernah menyerah dalam kehidupan yang kamu jalani. 

sumber: suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: