Tebet Eco Park Jakarta Bakal Buka Kembali, Sudah Ada Area Parkir Lho!
Info Kota

Tebet Eco Park Jakarta Bakal Buka Kembali, Sudah Ada Area Parkir Lho!

Tebet Eco Park sempat menjadi salah satu destinasi baru yang viral di Jakarta. Destinasi ini menawarkan ruang terbuka hijau yang luas dan estetik.

Ditambah lokasinya yang strategis, tepatnya di Jalan Tebet Barat Raya, Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Namun, taman ini sempat ditutup pada Juni 2022, karena dampak lingkungan di sekitarnya. 

Nah, kabarnya Tebet Eco Park akan dibuka kembali. Pemerintah DKI Jakarta pun sudah merencanakan area parkir. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Anies Baswedan meresmikan Tebet Eco Park

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Tebet Eco Park pada 23 April 2022. Taman ini menjadi ikon baru Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jakarta.

Tebet Eco Park menawarkan konsep keindahan alami melalui pemulihan ekosistem dan ruang terbuka hijau. Ditambah dengan fasilitas taman yang bisa mengakomodasi aktivitas warga.

Selain itu, pembangunan Tebet Eco Park juga menjadi tempat berinteraksi warga urban. Bahkan, Anies menyebutkan bahwa taman merupakan Ruang Ketiga selain rumah dan tempat kerja. 

Ruang Ketiga ini memberikan perasaan kesetaraan, karena siapa pun bisa masuk ke taman untuk menikmati fasilitas yang sama, berjalan di tempat yang sama, dan semuanya gratis. 

2. Tebet Eco Park sempat ditutup

Pada 14 Juni 2022, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mengumumkan penutupan Tebet Eco Park. Pemerintah DKI pun akhirnya menutup Tebet Eco Park pada15 Juni lalu. 

Penyebabnya adalah warga yang protes karena banyak pedagang kaki lima, yang menimbulkan sampah. Selain itu, parkir liar juga membuat lalu lintas di sekitar Tebet Eco Park menjadi terganggu. 

Sebelumnya, Pemprov DKI menutup Tebet Eco Park hingga akhir Juni 2022. Namun, hingga pertengahan Juli ini, Tebet Eco Park belum dibuka kembali. 

3. Penutupan sementara diperpanjang

Melansir dari akun Intagram @tebetecopark, penutupan sementara ini diperpanjang. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta sedang melakukan beberapa pembangunan.

Mulai dari pembangunan pet park, kolam, dan area kantin. Tujuannya supaya taman semakin sejuk bisa ajak hewan peliharaan main di taman sambil ngemil. Selain itu, sedang dilakukan penanaman kembali rumput dan tanaman hias. 

4. Lokasi dan tarif parkir

Lokasi pertama berada di Sarana Jaya yang dapat menampung kapasitas 102 mobil dan 335 motor. Sedangkan, untuk SMPN 73 Jakarta, dapat menampung 50 mobil dan 200 motor.

Untuk area di Gedung Graha Pratama memiliki kapasitas 100 mobil dan 150 motor. Tarif parkir mobil Rp5.000 di jam pertama dan Rp4.000 di jam selanjutnya, serta untuk motor adalah Rp2.000 di jam pertama dan Rp 2.000 di jam selanjutnya.

Kemudian, ada Gedung Wisma Pede yang dapat menampung 100 mobil dan 150 motor dengan tarif untuk mobil Rp5.000 di jam pertama dan Rp4.000 di jam selanjutnya. Sedangkan, untuk motor serta Rp2.000 di jam pertama dan Rp2.000 di jam selanjutnya.

Lalu, ada Pom Bensin SPBU 31-128 yang menyediakan kapasitas parkir untuk 20 mobil dan 50 motor, dengan tarif progresif untuk mobil Rp5.000 di jam pertama dan Rp4.000 di jam selanjutnya, serta untuk motor Rp2.000 di jam pertama dan Rp2.000 di jam selanjutnya.

Tarif ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 120 Tahun 2012 tentang Biaya Parkir Biaya Parkir Pada Penyelenggaraan Fasilitas Parkir Untuk Umum Di Luar Badan Jalan. 

5. Daftar melalui aplikasi JAKI

Melansir dari akun Instagram @tamanhutandki, untuk masuk ke Tebet Eco Park, pengunjung harus menggunakan pendaftaran online melalui aplikasi JAKI. 

Pemkot juga menyiapkan Tebet Eco Park menjadi kawasan Low Emission Zone (LEZ) atau Zona Emisi Rendah, yang berlaku pada saat akhir pekan dan libur nasional.

sumber: IDN Times

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: