Barang Tertinggal di Kendaraan Online Gojek, Apa yang Harus Dilakukan?
lifestyle

Barang Tertinggal di Kendaraan Online Gojek, Apa yang Harus Dilakukan?

 Kendaraan online, seperti Gojek, kini sering digunakan orang-orang untuk bepergian. Tak sedikit dari mereka terkadang terburu-buru dan melupakan barang pribadinya. Barang tertinggal inilah yang membuat mereka pusing, terlebih bila itu adalah benda atau dokumen penting.

Namun, pihak Gojek memiliki mekanisme tersendiri bila barang penumpang ketinggalan. Dilansir dari laman resmi Gojek, penumpang bisa mengecek ‘riwayat chat’ dengan pengemudi atau driver.

Caranya, buka halaman ‘Riwayat Pesanan’. Lalu, klik ikon chat pada pesanan terkait. Biasanya, pengemudi langsung mengabarkan bila ada barang tertinggal. Namun, ada catatan tertentu tentang riwayat chat, yaitu:

  • hanya tersedia untuk layanan GoCar dan GoBlueBird;
  • batas waktu mengirim pesan atau chat pada pengemudi adalah dua jam setelah pesanan selesai;
  • setelah lebih dari dua jam, penumpang tidak bisa membalas atau mengirim chat pada pengemudi, tetapi riwayat chat masih bisa terlihat selama 24 jam setelah pesanan selesai.

Penumpang juga bisa menghubungi layanan Gojek bila barangnya tertinggal. Berikut caranya:

  1. buka aplikasi Gojek;
  2. klik menu ‘Profil Saya’ di pojok kanan atas;
  3. tekan submenu ‘Bantuan & Laporan Saya’;
  4. pilih ‘Keamanan dan Keadaan Darurat’;
  5. klik ‘Barang Saya Tertinggal di Motor’ bila menggunakan layanan GoRide, lalu klik ‘Telepon Kami’;
  6. jika menggunakan layanan GoCar dan GoBlueBird, klik ‘Barang Saya Tertinggal di Mobil’, lalu salin nomor telepon yang ada di situ, dan segera hubungi nomor itu.

Jika penumpang sudah melaporkan barang tertinggal, barang itu akan diserahkan pengemudi kepada pihak Gojek. Lalu, penumpang wajib mengambil barang ketinggalan itu dalam waktu 90 hari sejak tanggal pesanan.

Jika tidak diambil dalam batas waktu yang ditentukan, barang ketinggalan itu dialihkan dan diserahkan kepemilikannya pada Gojek. Karena itu, segeralah mengambil barang tertinggal.

Sumber: tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: