Aktivitas di Monas yang Buka Setelah Tutup 2 Tahun, Bisa Kulineran
Wisata

Aktivitas di Monas yang Buka Setelah Tutup 2 Tahun, Bisa Kulineran

Dua tahun ditutup, Monumen Nasional (Monas) akhirnya uji coba pembukaan untuk dikunjungi masyarakat umum sejak Kamis (16/6/2022).

Namun, pembukaan masih terbatas di kawasan taman dan lapangan saja mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Ada beberapa perbedaan di Monas selama uji coba ini. Beberapa di antaranya kandang rusa yang dipindahkan ke Kebun Binatang Ragunan dan kereta wisata yang belum beroperasi seperti sebelumnya.

Baca juga: 6 Tips Main ke Monas Saat Uji Coba, Jangan Bawa Tikar

Lantas apa saja sih yang bisa dilakukan seharian di Monas?

Berdasarkan pantauan Kompas.com saat berkunjung pada hari kedua uji coba pembukaan Monas, Jumat (17/6/2022), berikut sejumlah kegiatan yang bisa kamu lakukan.

1. Swafoto dan duduk santai di taman

Walaupun museum dan tugu belum dibuka, kamu tetap bisa berfoto dengan latar tugu, dari area terbuka mana pun.

Yulius (kiri) warga Toraja bersama Brian asal Bekasi mengunjungi Monumen Nasional saat uji coba hari pertama, Kamis (16/6/2022).

Lalu, jika sudah lelah mengelilingi luasnya Monas atau saat cuaca sedang terik, kamu bisa duduk santai di bangku taman yang dilingkupi hijaunya pepohonan.

Ada banyak bangku yang tersebar. Tak perlu khawatir digigit nyamuk, sebab kondisi taman pun sangat rapi tanpa genangan air.

2. Olahraga ringan

Sebagaimana disampaikan staff pelayanan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Tugu dan Kawasan Monas, Nursamin, sebagian besar pengunjung datang ke monas untuk olahraga ringan, seperti lari pagi.

“Umumnya orang datang ke sini untuk olahraga. Apalagi sejak CFD (Car Free Day) kemaren, otomatis mereka juga kemari,” kata Nur kepada Kompas.com, Jumat (17/6/2022).

3. Belanja suvenir

Keluar dari gerbang IRTI, kamu bakal disambut para penjual suvenir, seperti kaos berlogo Tugu Monas, gantungan kunci, dan pin.

Penjual suvenir oleh-oleh Monas Jakarta di kawasan parkir IRTI

Pengunjung, terutama yang berasal dari luar kota, bisa membeli suvenir ini sebagai kenang-kenangan.

4. Kulineran di kantin Lenggang IRTI

Seharian mengitari Monas pasti membuat perut lapar. Kamu tidak perlu khawatir karena banyak penjual makanan di Lenggang Jakarta yang letaknya sejalur dengan gerbang keluar parkir IRTI.

Soto Betawi di kantin IRTI Monas Jakarta

Seporsi soto betawi dan nasi seharga Rp 25.000 bisa jadi pilihan yang pas untuk menghangatkan perut sebelum melanjutkan perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: