Teknologi

3 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Memperkuat sinyal WiFi penting untuk dilakukan agar laptop dapat menerima koneksi internet dengan baik. Sinyal WiFi yang lemah bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang diterima laptop.

Tak bisa dipungkiri lagi, koneksi internet melalui jaringan WiFi kini lebih dipilih oleh sebagian orang karena mungkin lebih murah. Koneksi internet di jaringan WiFi tidak membutuhkan kuota seperti pada paket data di jaringan seluler.

Dengan demikian, pengguna bisa menghubungkan laptop miliknya ke jaringan WiFi untuk mengakses internet secara bebas, tanpa takut kehabisan kuota paket data. Pengguna mungkin hanya perlu membayar biaya langganan WiFi satu bulan sekali agar bebas akses internet.

Meski WiFi bisa lebih murah daripada menggunakan jaringan seluler, bukan berarti tidak ada kekurangannya. Mungkin Anda pernah mengalami sinyal WiFi lemah di laptop sehingga kecepatan koneksi internet menurun.

Sinyal WiFi lemah maksudnya adalah perangkat router tidak bisa menyebarkan jaringan WiFi ke laptop secara optimal, sehingga status bar sinyal WiFi yang tampil di laptop tidak penuh.

Penyebab sinyal WiFi laptop bermacam-macam, namun yang mungkin kerap terjadi adalah posisi router dengan laptop terlalu jauh. Posisi yang terlalu jauh mempengaruhi mempengaruhi kemampuan laptop dalam menerima jaringan WiFi.

Itulah salah satu alasan mengapa sinyal WiFi lemah di laptop itu terjadi. Lantas, bagaimana cara memperkuat sinyal WiFi di laptop? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Posisikan router dekat dengan laptop

Sebagaimana telah dijelaskan di awal, persoalan sinyal WiFi lemah dapat diakibatkan karena posisi router terlalu jauh dengan laptop. Cara memperkuat sinyal WiFi di laptop jika dalam masalah tersebut adalah dengan memposisikan router agar dekat dengan laptop.

Namun, memposisikan router tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kabel sambungan internet ke router tidak terlalu panjang, sehingga router tidak bisa dipindahkan secara bebas.

Apabila Anda tidak bisa memposisikan dua perangkat itu secara berdekatan karena keterbatasan lokasi maupun sambungan kabel, Anda bisa membeli perangkat WiFi Repeater atau WiFi Extender.

Seperti namanya, WiFi Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal internet dari router kemudian bakal disalurkan ke laptop secara nirkabel. Anda bisa menaruh WiFi Repeater di titik tengah antara lokasi router dan laptop.

2. Perbarui perangkat router dan Driver WiFi laptop

Kekuatan sinyal WiFi salah satunya dipengaruhi oleh jenis perangkat router dan dukungan driver atau perangkat lunak WiFi di laptop. Dengan demikian, cara memperkuat sinyal WiFi bisa dilakukan dengan memperbarui perangkat router dan Driver WiFi laptop.

Setiap jenis router punya standar teknologinya sendiri, misalnya jenis router 802.11ac lebih cepat dari standar sebelumnya seperti 802.11n dan 802.11g, sebagaimana dilansir Lifewire.

Anda bisa mengganti router ke jenis dengan standar teknologi yang lebih baru. Caranya, hubungi penyedia layanan internet WiFi yang Anda gunakan. Biasanya pergantian router tidak akan terkena biaya tambahan.

Selain mengganti perangkat router ke jenis yang lebih baru, Anda juga bisa memperbarui driver WiFi di laptop. Driver WiFi yang usang mungkin bakal menimbulkan gangguan terhadap kemampuan laptop dalam menerima sinyal WiFi.

Cara memperbarui Driver WiFi laptop dengan sistem operasi Windows 10 bisa diakses dengan klik ikon Windows, kemudian masukkan kata kunci “Device Manager” di kolom pencarian. Setelah itu, klik opsi “Network Adapter” kemudian klik kanan dan pilih opsi “Update Driver”.

3. Hindari gangguan frekuensi

Router punya frekuensi atau gelombang elektromagnetik 2,4 GHz, yang sama dengan beberapa perangkat elektronik rumah, salah satunya seperti Oven Microwave. Kesamaan frekuensi tersebut dapat mengganggu sinyal WiFi.

Pada perangkat router yang lebih modern, Anda bisa mencoba untuk memindahkan frekuensi router ke 5 GHz untuk menghindari gangguan dari gelombang elektromagnetik yang dihasilkan perangkat elektronik rumah.

Caranya bisa mengikuti pentujuk dari masing-masing perangkat router. Biasanya Anda perlu untuk masuk ke alamat IP (Internet Protocol) router, kemudian mengatur channel atau saluran tempat router beroperasi dari frekuensi 2,4 GHz ke 5 Ghz.

Apabila sudah mencoba cara di atas tapi koneksi internet tetap lemot, kemungkinan besar penyebabnya bukan pada masalah sinya WiFi lemah. Mungkin, Anda bisa mencoba untuk menaikkan bandwidth jika internet tetap lemot padahal sinyal WiFi tidak lemah.

Menaikkan bandwidth bisa dilakukan dengan menghubungi penyedia layanan internet WiFi yang Anda gunakan. Demikian cara memperkuat sinyal WiFi di laptop, semoga bermanfaat.

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: