lifestyle

Hanya Modal Internet, Ini 5 Peluang Usaha Kreatif yang Bisa Dilakukan dari Rumah

Pandemi membuat banyak orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan berselancar di internet. Dilansir laman Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo), data menunjukkan bahwa di 2021 pengguna internet Indonesia meningkat 11 persen dari tahun sebelumnya, yaitu dari 175,4 juta menjadi 202,6 juta pengguna.

Bukan hanya bermain media sosial, streaming film atau drama Korea favorit, dan ikut kelas online, tak sedikit juga yang memanfaatkannya untuk meraup peluang menjanjikan. Ya, ada banyak usaha kreatif yang bisa digeluti hanya bermodalkan smartphone atau laptop dan koneksi internet.

Selain menambah pendapatan yang cukup menggiurkan tanpa perlu modal besar, peluang ini juga bisa jadi sarana belajar dan portofolio bagi kamu yang baru terjun di dunia kerja, lho. Jadi, daripada berdiam diri saja di rumah, yuk coba beberapa usaha kreatif berikut ini.

1. Content creator

Content creator bertugas membuat konten-konten video kreatif lantas diunggah ke media sosial. Foto: Shutterstock© Disediakan oleh Kumparan Content creator bertugas membuat konten-konten video kreatif lantas diunggah ke media sosial. Foto: Shutterstock

Content creator akhir-akhir ini jadi profesi yang cukup digandrungi —terutama di kalangan generasi milenial dan Gen Z. Sesuai namanya, mereka yang bekerja di bidang ini akan membuat konten-konten video kreatif lantas diunggah ke media sosial. Bentuk kontennya pun bisa bermacam-macam, mulai dari tutorial, react video, cover lagu, dan lainnya.

Bila kamu punya ketertarikan di dunia content creative, kamu bisa memulainya dengan membuat konten yang kamu kuasai dan bisa dibuat di rumah. Sebaiknya, fokus terhadap satu tema konten terlebih dahulu untuk meningkatkan branding kamu. Misalnya fokus membahas kuliner, tutorial make up, atau review produk.

2. Content writer

Permintaan akan content writer ikut meningkat di era digital marketing. Foto: Shutterstock© Disediakan oleh Kumparan Permintaan akan content writer ikut meningkat di era digital marketing. Foto: Shutterstock

Seiring meningkatnya tren digital marketing, banyak profesi baru yang bermunculan, salah satunya content writer. Apalagi sekarang banyak media dan website freelance yang mencari profesi ini dengan komisi cukup menggiurkan dan bisa dikerjakan secara fleksibel di sela-sela aktivitas di rumah.

Bila kamu tertarik bekerja sebagai seorang content writer, tidak cukup hanya menguasai kaidah menulis yang baik, sebaiknya kamu harus memiliki skill menganalisa tren agar relevan dengan tulisannya, mengerti dasar SEO, dan kemampuan riset agar tulisan makin kredibel. Dengan begitu, tulisanmu bisa lebih berkualitas namun tetap menarik dibaca.

3. Penerjemah lepas

Profesi penerjemah lepas dibutuhkan oleh perusahaan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, atau menerjemahkan buku terbitan luar negeri. Foto: Shutterstock© Disediakan oleh Kumparan Profesi penerjemah lepas dibutuhkan oleh perusahaan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, atau menerjemahkan buku terbitan luar negeri. Foto: Shutterstock

Kemampuan berbahasa asing yang kamu miliki bisa jadi peluang memperoleh pendapatan dengan menjadi penerjemah lepas. Profesi ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, atau penerbit untuk menerjemahkan buku terbitan luar negeri.

Agar kompetensimu semakin meyakinkan, sebaiknya sertakan sertifikat terkait bahasa yang kamu kuasai saat melamar profesi ini. Misalnya TOEFL dan IELTS untuk kecakapan bahasa Inggris, Japanese Language Proficiency Test (JLPT) untuk bahasa Jepang, dan lainnya. Lalu yang tidak kalah penting, selalu asah kemampuan menulis agar terjemahan yang kamu tulis mudah dimengerti pembacanya.

4. Buka jasa desain grafis

Semakin banyaknya media online dan perusahaan yang berlomba menampilkan konten visual yang menarik membuat profesi desain grafis semakin dibutuhkan. Foto: Shutterstock© Disediakan oleh Kumparan Semakin banyaknya media online dan perusahaan yang berlomba menampilkan konten visual yang menarik membuat profesi desain grafis semakin dibutuhkan. Foto: Shutterstock

Jasa seorang desainer grafis juga semakin dibutuhkan akhir-akhir ini seiring dengan semakin banyaknya media online dan perusahaan yang berlomba menampilkan konten visual yang menarik. Ini bisa menjadi peluang bagi kamu yang punya keahlian menggambar, ilustrasi dan motion grafis.

Tidak hanya mampu menciptakan konsep visual menggunakan software komputer, pekerjaan ini juga menuntut keahlian untuk menganalisa konsep dari klien dengan tren terkini untuk dituangkan ke dalam visual agar tetap komunikatif dan dimengerti orang-orang yang melihatnya. Namun kemampuan ini juga sebanding dengan gaji yang ditawarkan, lho.

5. Admin media sosial

Pekerjaan sebagai admin media sosial pun semakin dicari seiring dengan meningkatnya digital marketing. Foto: Shutterstock© Disediakan oleh Kumparan Pekerjaan sebagai admin media sosial pun semakin dicari seiring dengan meningkatnya digital marketing. Foto: Shutterstock

Dengan penggunanya yang sangat banyak, media sosial kini jadi tempat favorit berbagai brand untuk mempromosikan produknya. Seiring dengan tren tersebut, pekerjaan sebagai admin media sosial pun semakin dicari. Nah, untuk kamu yang kreatif dan menguasai tools di media sosial, pekerjaan ini bisa jadi tepat untukmu.

Selain mengunggah konten promosi lengkap dengan caption-nya, admin media sosial juga bertugas sebagai penghubung antara audience dengan produk yang dipasarkan agar lebih dikenal luas. Otomatis, seorang admin media sosial harus selalu update dengan tren terkini, mau melakukan riset mendalam, hingga bisa bekerja sama dengan content creator untuk membuat konten yang menarik.

Mana profesi kreatif yang ingin kamu geluti?

Nah, agar makin optimal menyelesaikan pekerjaan dari rumah, tentu kamu juga membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. XL SATU Fiber merupakan Layanan Konvergensi pertama di Indonesia yang menggabungkan internet rumah super cepat dan kuota HP besar untuk seluruh keluarga sebagai solusi untuk membantu kamu dan keluarga jadi lebih produktif serta pengeluaran bulanan untuk internet menjadi makin hemat.

Pilihan paket mulai Rp 274 ribu per bulan, XL SATU Fiber —yang menggunakan teknologi fiber optic— menyuguhkan layanan internet cepat dan stabil dengan kecepatan hingga 1Gbps dan pastinya unlimited kuota, serta dapat juga kuota internet bersama untuk HP sebesar hingga 300GB, yang bisa digunakan bersama ke hingga 5 anggota keluarga.

Setiap pembelian XL SATU Fiber, kamu juga akan mendapatkan 2 kartu SIM XL Prabayar, perangkat XL HOME Entertainment Box untuk nonton ribuan hiburan seru di TV rumah seperti Netflix, MOLA, WeTV iflix, CATCHPLAY+, dan tayangan nasional dan internasional melalui Vidio, dan semua sudah termasuk biaya instalasi serta sewa perangkat.

Namun bila area kamu belum terjangkau XL SATU Fiber, jangan khawatir! Ada solusi lain yaitu XL SATU Lite yang menggunakan teknologi wireless broadband dengan harga terjangkau.

Mulai dari Rp 199 ribu per bulan, kamu akan mendapatkan Internet rumah super cepat, 2 SIM Card XL Prabayar dan bonus kuota HP besar bersama hingga 100 GB untuk dibagikan ke hingga 4 anggota keluarga. Yuk, cek jaringan di tempat tinggalmu dan informasi lengkapnya melalui satu.xl.co.id.

sumber: kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: