lifestyle

5 Tips Memilih Durian yang Matang dan Manis

Memilih durian yang matang dan manis tidaklah mudah. Namun tidak perlu khawatir, agar tidak salah pilih, berikut lima tips memilih durian matang dan manis seperti dikutip dari situs cybex.pertanian.go.id:

1. Cermati bentuk durinya

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, Anda juga bisa mencermati bentuk durinya. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang karena dipercaya lebih manis. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka siap-siap saja Anda mendapatkan buah dengan daging yang sedikit.

2. Bentuk bulat

Jika Anda ingin memperoleh buah durian isi kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Menurut para pedagang durian, buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang berbentuk bulat.

3. Kulit

Saat membeli durian, banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Mereka berpikir bahwa membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

Mungkin Anda bisa mendapatkan durian berwarna kuning jika membeli buah yang kulitnya sudah terbuka, tetapi percayalah rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat.

Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

4. Cium aromanya

Aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang saat memilih durian.

Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidung Anda. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Dan tentunya durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.

5. Warna

Disarankan bagi Anda memilih durian pertama kali yakni abaikan warna buah durian. Warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Ada tiga warna durian yang biasa Anda temui, yakni hijau, kuning, dan coklat.

Kulitnya yang berwarna hijau tak selamanya belum matang, karena bisa jadi itu memang warna khasnya dari jenis durian tersebut. Sedangkan yang warna coklat sudah sangat matang. Namun percayalah bahwa warna kulit durian tidak mempengaruhi kualitas daging buahnya.

sumber: tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: