Teknologi

4 Fitur Unggulan Telegram Dibandingkan WhatsApp

Telegram dan WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang memiliki banyak fitur serupa. Keduanya digandrungi para netizen.

Akan tetapi, terdapat beberapa fitur unggulan Telegram yang membuatnya lebih cocok dijadikan pilihan daripada WhatsApp.

Salah satu keunggulan Telegram yakni memungkinkan pengguna untuk mengirim file hingga lebih dari 2 GB. Sementara WhatsApp membatasinya maksimal hingga 16 MB saja.

Selain itu, berikut adalah 4 fitur unggulan Telegram yang dirangkum Tempo.co dari laman Digitaltrends :

  1. Sinkronasi

Telegram dapat menyinkronkan obrolan dan file ke perangkat yang berbeda. Dengan demikian, pengguna bisa menggunakan akun yang sama pada smartphone yang berbeda.

Sementara itu, WhatsApp tidak menawarkan opsi ini. Jika pengguna WhatsApp masuk dari perangkat lain, maka akun yang digunakan akan otomatis keluar dari perangkat sebelumnya.

2. Secret Chat

Telegram memiliki sebuah fitur unik yang dinamakan Secret Chat atau obrolan rahasia. Fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan privasi lebih sebab dapat mengirim pesan yang bersifat sementara. Pesan tersebut telah dilindungi enkripsi end-to-end dan akan hilang secara otomatis dalam waktu tertentu.

3. Jumlah anggota grup

Telegram dan WhatsApp sama-sama menyediakan fitur untuk membuat obrolan grup. Akan tetapi, Telegram memungkinkan pembuatan grup dengan anggota yang lebih banyak. WhatsApp membatasi jumlah anggota grup hingga 256 peserta, sementara grup Telegram memungkinkan menampung 200.000 anggota.

4. Privasi

Dibanding WhatsApp, Telegram memiliki fitur unggulan dalam hal privasi. Pengguna Telegram dapat mengobrol dengan siapa saja tanpa memerlukan nomor teleponnya ataupun data pribadi lainnya. Selain itu, fitur Secret Chat juga tidak mengizinkan pengguna untuk meneruskan pesan atau mengambil tangkapan layar sehingga data terlindungi.

Meskipun WhatsApp menawarkan enkripsi end-to-end, namun beberapa data pada aplikasi tersebut dibagikan dengan Facebook. Berbeda dengan Telegram.

SITI NUR RAHMAWATI

sumber: tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: