lifestyle

Ternyata Mudah, Ini 5 Cara Hilangkan Noda Karat. Wajib Tahu!

Perabotan – atau segala sesuatu – yang berbahan besi dan stainless steel memang rentan terhadap karat, apalagi jika asal digunakan, dibiarkan terpapar udara, atau terkena air terus-menerus. Jika sudah begini, cara satu-satunya adalah Anda harus menghilangkannya agar tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan anggota keluarga di rumah. Pasalnya, besi atau stainless steel yang berkarat bersifat rapuh dan racun jika tertelan. 

Lalu, cara apa saja yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karat pada besi dan stainless steel? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan bubuk asam sitrat

© Disediakan oleh CASA Indonesia(rangeproducts.com.au)

Bubuk asam sitrat yang bisa Anda dapatkan di toko kue menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan karat pada besi dan stainless steel. Untuk menggunakannya, campurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat dalam sebuah wadah, lalu oleskan atau rendam perabotan berkarat. 

Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, lama kelamaan karat akan melunak, setelah itu gosok permukaan benda berkarat dengan sikat atau spons untuk menghilangkan residu karat. Dengan begitu, perabotan atau benda berkarat Anda akan tampak seperti baru lagi!

2. Menggunakan campuran lemon dan garam

© Disediakan oleh CASA Indonesia(8photo / Freepik)

Selain menggunakan bubuk asam sitrat, Anda juga dapat menghilangkan karat pada besi dan stainless steel dengan menggunakan campuran lemon dan garam. Cara ini menggabungkan antara keasaman lemon dengan abrasivitas garam untuk menghilangkan noda karat ringan. 

Caranya, campur garam dengan air perasan lemon sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian benda atau perabotan yang berkarat dan diamkan selama kurang lebih dua jam. Gosok permukaan benda atau perabotan menggunakan sikat atau spons. kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan secara menyeluruh dengan kain lap. 

3. Menggunakan cuka dapur

© Disediakan oleh CASA Indonesia(Freepik)

Menghilangkan karat pada besi dan stainless steel dapat menggunakan cuka dapur yang bisa dengan mudah Anda temukan. Cukup oleskan cuka dapur pada benda atau perabotan yang berkarat, dan diamkan selama kurang lebih 24 jam. 

Sama seperti cara menghilangkan karat sebelumnya, setelah didiamkan, gosok permukaan benda atau perabot berkarat menggunakan sikat atau spons untuk menghilangkan sisa-sisa karat. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap. 

4. Menggunakan baking soda

© Disediakan oleh CASA Indonesia(Freepik)

Meskipun umum digunakan sebagai bahan pembuat kue, ternyata baking soda bekerja dengan baik pada benda atau perabotan dengan noda karat ringan. Hal ini karena, baking soda memiliki sifat abrasif yang bisa menghilangkan noda karat pada benda dan perabotan. 

Caranya, campur baking soda dengan air hingga menjadi pasta kental, dan oleskan ke benda atau perabotan berkarat secara menyeluruh. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Gunakan sikat atau spons berkawat untuk menggosok benda dan menghilangkan noda karatnya. Bilas dengan air dan keringkan secara menyeluruh.

5. Menghilangkan karat dengan kentang dan garam/baking soda

© Disediakan oleh CASA Indonesia(KamranAydinov / Freepik)

Iya, Anda tidak salah membaca, kentang dapat membantu menghilangkan noda karat pada benda atau perabotan berbahan besi atau stainless steel. Bukan tanpa alasan, kentang mengandung asam oksalat yang dapat membantu melarutkan noda karat. Caranya, potong kentang menjadi dua bagian, lalu bagian yang terpotong lapisi dengan sabun cuci piring dan taburkan garam atau baking soda. Kemudian gosok kentang ke bagian benda atau perabotan yang berkarat. 

Garam atau baking soda bertindak sebagai bahan abrasif ringan untuk membantu asam oksalat pada kentang mengikis noda karat pada benda. Setelah itu, bilas dan keringkan secara menyeluruh.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan noda karat pada benda berbahan besi atau stainless steel. Akan tetapi, lebih baik mencegah daripada menghilangkannya, bukan? 

Sekarang setelah benda atau perabotan berbahan besi atau stainless Anda bebas dari noda karat, bagaimana Anda membuatnya tetap berkilau? Sebagaimana diketahui, air adalah penyebab utama munculnya noda karat, jadi kuncinya adalah menjaga benda atau perabotan tetap kering dan bersih, serta simpan di tempat kering dengan kelembapan rendah. 

sumber: casa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: