lifestyle

5 Ciri-ciri Orang Terpapar Covid-19 Varian Omicron Ini Sering Disepelekan, Catat dan Waspadai!

Kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali mengalami kenaikan signifikan usai menyebarnya varian virus baru yakni Omicron. Varian omicron sendiri diketahui pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan kasus omicron pertama di Indonesia ditemukan pada awal tahun ini.

Meski tak seganas varian delta, para ahli medis tetap mengkhawatirkan virus varian baru ini. Sebab, varian omicron memiliki daya tular yang tinggi dan kebal terhadap vaksin. 

Selain itu, diketahui ciri-ciri varian omicron sangatlah mirip dengan gejala flu. Sehingga banyak orang kerap menyepelekannya.

Jangan Sepelekan, 5 Gejala Sederhana Ini Bisa Jadi Gejala Covid-19 Varian Omicron

Meski tidak boleh panik, bukan berarti kita bisa abai. Selain menjaga prokes, gejala dan ciri-ciri varian omicron harus kita ketahui agar dapat lebih waspada.

Menunjukkan gejala sederhana dan sering disepelekan, ternyata 5 ciri-ciri ini bisa jadi gejala orang terpapar omicron. Beauties, catat ya!

1. Mata Gatal dan Berair

Jangan sepelekan gejala mata gatal, memerah dan berair! Bisa jadi gejala omicron/foto: pexels.com/Liza Summer© Disediakan oleh Beautynesia Jangan sepelekan gejala mata gatal, memerah dan berair! Bisa jadi gejala omicron/foto: pexels.com/Liza Summer(Jangan sepelekan gejala mata gatal, memerah dan berair! Bisa jadi gejala omicron/foto: pexels.com/Liza Summer)

Varian omicron memiliki beberapa gejala aneh, salah satunya gejala mata gatal dan berair. Ahli medis mengatakan bahwa gejala ini mungkin terjadi sebab omicron dapat menyebabkan konjungtivitis atau peradangan mata. 

2. Nafsu Makan Menurun

Waspadai gejala omicron, jangan sepelekan jika nafsu makan menurun tiba-tiba/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk© Disediakan oleh Beautynesia Waspadai gejala omicron, jangan sepelekan jika nafsu makan menurun tiba-tiba/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk(Waspadai gejala omicron, jangan sepelekan jika nafsu makan menurun tiba-tiba/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk)

Meski terlihat sederhana, namun jangan sepelekan gejala penurunan nafsu makan. Apalagi jika terjadi secara tiba-tiba dan signifikan, bisa jadi ini merupakan salah satu gejala terpapar omicron. Omicron dapat memicu sakit tenggorokan yang turut dapat memicu menurunnya nafsu makan.

3. Diare

Gejala mirip dengan flu dan masuk angin, ini yang perlu diwaspadai dari varian omicron/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio© Disediakan oleh Beautynesia Gejala mirip dengan flu dan masuk angin, ini yang perlu diwaspadai dari varian omicron/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio(Gejala mirip dengan flu dan masuk angin, ini yang perlu diwaspadai dari varian omicron/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski sederhana, keluhan gejala diare jangan sampai kita anggap remeh. Para ahli medis membenarkan bahwa kurang lebih 11% pasien covid-19 yang terpapar virus varian omicron mengeluhkan gejala diare. Gejala diare juga dikhawatirkan akan membuat tubuh kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh akan lemas. 

4. Perut Kembung

Jangan sepelekan gejala perut kembung, bisa jadi dipicu diare akibat terpapar virus omicron/Foto: pexels.com/Polina Zimmerman© Disediakan oleh Beautynesia Jangan sepelekan gejala perut kembung, bisa jadi dipicu diare akibat terpapar virus omicron/Foto: pexels.com/Polina Zimmerman(Jangan sepelekan gejala perut kembung, bisa jadi dipicu diare akibat terpapar virus omicron/Foto: pexels.com/Polina Zimmerman)

Selain diare, para ahli medis juga menemukan keluhan perut kembung pada pasien positif covid varian omicron. Keluhan yang satu ini juga dapat memicu penurunan nafsu makan sehingga daya tahan tubuh akan menurun.

Baca Juga : Penting! Ternyata Ada Pantangan yang Harus Diperhatikan Setelah Vaksin Booster Menurut Dokter, Apa Saja?

5. Mual dan Sering Sendawa

Jangan anggap remeh, mual dan sering sendawa bisa jadi justru gejala terpapar omicron/Foto: pexels.com/Edward Jenner© Disediakan oleh Beautynesia Jangan anggap remeh, mual dan sering sendawa bisa jadi justru gejala terpapar omicron/Foto: pexels.com/Edward Jenner(Jangan anggap remeh, mual dan sering sendawa bisa jadi justru gejala terpapar omicron/Foto: pexels.com/Edward Jenner)

Ciri-ciri varian omicron yang terakhir adalah mual dan sering sendawa. Gejala ini bisa dipicu akibat perut kembung atau diare yang dialami orang yang terpapar omicron. Parahnya, gejala ini sering disepelekan karena dianggap hanya keluhan sederhana seperti masuk angin atau flu. 

Beauties, itulah beberapa gejala-gejala sederhana yang seringkali disepelekan namun ternyata justru bisa jadi merupakan gejala varian omicron. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran para ahli medis terhadap omicron, sebab gejalanya yang ringan membuat banyak orang menyepelekan sehingga daya tular menjadi sangat tinggi. 

Untuk itu, tetap taati protokol kesehatan kemanapun kamu pergi dan tetap waspada ya!

Sumber: beautynesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: