lifestyle

5 Fakta Pesawat yang Sering Bikin Penumpang Penasaran

Sebagian orang bisa jadi sudah sangat sering naik pesawat dalam sebuah perjalanan untuk liburan atau pekerjaan. 

Namun, sepertinya tak semua orang mengetahui fakta-fakta tersembunyi atau rahasia dari suatu pesawat. 

Bisa jadi, ada berbagai pertanyaan atau tanda tanya mengenai berbagai hal di pesawat yang hingga saat ini belum terjawab.

Oleh karena itu Kompas.com akan mencoba menjelaskan berbagai fakta mengenai pesawat, dikutip dari Reader’s Digest, Sabtu (1/1/2022):

1. Selimut dalam pesawat jarang dicuci

Beberapa penerbangan jarak jauh yang memakan waktu panjang, menyediakan selimut untuk para penumpangnya agar tidur lebih nyaman.

Sayangnya tak semua selimut itu benar-benar baru atau bisa dibilang terkadang selimut yang sudah dipakai orang lain dilipat lagi kemudian diberikan ke penumpang selanjutnya.

Jadi, tak ada yang namanya proses mencuci selimut. Laporan Wall Street Journal menemukan bahwa maskapai penerbangan hanya membersihkan selimut setiap lima hingga 30 hari sekali.

2. Cara pramugari menangani penumpang nakal

Terkadang dalam sebuah penerbangan ada, saja penumpang yang bertindak seenaknya terhadap awak kabin. Jika benar-benar terjadi sesuatu hal  di luar kendali, penumpang yang bermasalah itu akan diborgol demi keamanan. 

Beberapa maskapai penerbangan menyimpan manset zip-tie plastik di pesawat yang bisa dipakai untuk memborgol. Ilustrasi pramugari menyajikan minuman di dalam pesawat.© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi pramugari menyajikan minuman di dalam pesawat.

Sementara itu menurut Express, maskapai lain akan mengizinkan pramugari untuk memborgol penumpang dengan sabuk pengaman.

3. Ada tempat tidur pilot 

Selama penerbangan yang sangat panjang itu, pilot dan pramugari juga perlu tidur sebentar agar tetap fokus dan fit dalam melakukan pekerjaan.

Namun, tidur di ruang kopit bukalah pilihan tepat karena tidak nyaman. Oleh karena itu, ada tempat tidur rahasia yang disediakan untuk pilot dalam beristirahat.

Banyak pesawat, seperti Boeing 777 dan 787, ada tempat rahasia di mana pilot dan staf lainnya bisa tidur. 

Tempat rahasia itu seperti ada pintu terkunci di depan atau pintu yang terlihat seperti tempat sampah di atas kepala, yang secara diam-diam bisa mengarah ke beberapa tempat tidur.

4. Jika ada penumpang meninggal di pesawat

Kejadian tak terduga terkadang terjadi saat penerbangan seperti sebuah kematian mendadak seorang penumpang. 

Jika ada penumpang yang secara tiba-tiba meninggal dan barisan kanan kiri kosong, pramugari akan menutupi jenazah dengan selimut.

Sedangkan saat ada nyawa yang terancam dan masih bisa diselamatkan dengan bantuan medis, pendaratan darurat ke bandara terdekat adalah pilihan tepat.

5. Lama masker oksigen pesawat bertahan

Masker oksigen disediakan saat ada hal yang membahayakan penumpang, seperti saat kadar oksigen menipis saat kabin kehilangan tekanan.

Menurut Telegraph, masker oksigen itu tak bisa dilakukan dalam kurun waktu yang lama dan hanya bertahan selama 12 sampai 15 menit saja.Ilustrasi seorang penumpang duduk di sebelah jendela pesawat.© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi seorang penumpang duduk di sebelah jendela pesawat.

Meski hanya bertahan sebentar itu sangat berguna karena tanpa masker oksigen, dengan cepat penumpang bisa mengalami mual sakit kepada dan muntah atau bahkan kehilangan kesadaran. 

Parahnya adalah, penumpang bisa cepat kehilangan nyawa akibat kekurangan oksigen di pesawat. 

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: