lifestyle

Maksimalkan Kinerja Ponsel Android dengan Ubah 3 Pengaturan Ini

Semua ponsel Android memiliki serangkaian pengaturan yang telah ditentukan. Pengaturan ini mencakup kecerahan atau mode cahaya. Namun, Anda perlu mengetahui sejumlah pengaturan sebelum mulai mengonfigurasi. Berikut beberapa pengaturan yang dapat meningkatkan kinerja ponsel Android Anda, seperti dilansir CNet, Selasa (28/12):

Atur layar beranda ponsel

Jika Anda berencana untuk mengunduh banyak aplikasi baru, bersiaplah untuk melihat banyak kekacauan ikon di layar beranda ponsel. Untungnya, ada cara sederhana untuk mengatasinya. Anda hanya perlu menekan lama pada area kosong di layar berada dan ketuk “Pengaturan.” Temukan opsi berlabel di sepanjang baris “Tambahkan ikon ke Layar Beranda atau Tambahkan aplikasi baru ke Layar Beranda” dan matikan.

Setelah itu, tidak ada lagi ikon di layar beranda saat Anda menginstal aplikasi baru. Anda masih dapat menambahkan pintasan dengan menyeret ikon aplikasi keluar, tetapi pintasan tersebut tidak akan mengacaukan layar beranda Anda kecuali Anda menginginkannya.

Atur mode jangan ganggu

Jika Anda tengah beristirahat, Anda mungkin tidak ingin ponsel berbunyi notifikasi panggilan, pesan, atau notifikasi media sosial. Android menawarkan mode “Jangan ganggu” untuk mengatasi masalah tersebut. Pada beberapa ponsel, mode ini disebut sebagai pengaturan “Waktu henti” atau “Waktu diam.”

Untuk mengaktifkan, Anda bisa buka “Pengaturan” lalu ketuk “Suara” atau “Pemberitahuan.” Cari “Jangan ganggu” atau nama serupa. Jika Anda tidak dapat menemukannya, cari menggunakan fitur pencarian bawaan di pengaturan Anda.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengatur rentang jam saat Anda ingin mematikan derau digital. Notifikasi apa pun yang Anda dapatkan saat mode Jangan Ganggu diaktifkan akan tetap menunggu Anda saat Anda bangun. Selain itu, Anda biasanya dapat membuat pengecualian yang memungkinkan penelepon berulang dan panggilan kontak favorit untuk dilakukan.

Pengaturan untuk meningkatkan masa pakai baterai

Hidup dengan ponsel yang memiliki daya tahan baterai yang buruk dapat membuat Anda marah. Namun, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan setiap pengisian daya sejak awal.

-Matikan kecerahan layar otomatis atau kecerahan adaptif dan atur penggeser tingkat kecerahan di bawah 50 persen. Semakin terang layar Anda, semakin banyak daya baterai yang digunakannya.

Untuk membuka pengaturan, tarik ke bawah menu pintasan dari atas layar dan sesuaikan penggeser. Beberapa ponsel mungkin memiliki sakelar untuk kecerahan otomatis di panel pintasan. Jika tidak, Anda perlu membuka aplikasi pengaturan dan mencari “Kecerahan” agar menemukan pengaturan dan mematikannya.

-Gunakan baterai adaptif dan pengoptimalan baterai. Beberapa ponsel Android akan memiliki bagian baterai khusus di pengaturan. Anda dapat membuka pengaturan Anda dan mencari Baterai. Ponsel Anda mungkin juga memiliki pengaturan pengisian daya adaptif yang dapat memantau seberapa cepat baterai ponsel mengisi daya dalam semalam untuk menjaga kesehatannya.

sumber: republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: