Info Kopi

Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Turmeric Coffee Beserta Resepnya

Bagaimana jadinya jika kunyit, yang merupakan rempah-rempah sekaligus bumbu masak, dijadikan campuran kopi yang digemari anak muda maupun orang tua?

Kopi kunyit yang lebih dikenal dengan nama “Turmeric Coffee” ini memiliki banyak antioksidan yang baik untuk tubuh.

Selain memang memiliki sejumlah manfaat, Turmeric Coffee kini menjadi tren yang bisa kamu coba pula.

“Kunyit memiliki banyak senyawa anti-inflamasi yang bermanfaat, khususnya kurkuminoid, atau kurkumin, yang berguna untuk menangkis peradangan dan juga menjaga kesehatan jantung dan otak,” kata Vicki Shanta Retelny, ahli gizi.

Berita Terbaru:

Ia juga menambahkan bahwa kunyit dan kopi memiliki jenis senyawa antioksidan yang berbeda, yang berarti kombinasi tersebut lebih bermanfaat daripada mengkonsumsinya secara terpisah.

Berikut 5 manfaat turmeric coffee yang baik untuk tubuh:

1. Dapat meredakan peradangan

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi peradangan yang berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan, termasuk rheumatoid arthritis.

Turmeric latte biasanya mengandung jahe dan kayu manis, dua bumbu yang menurut beberapa penelitian juga dapat meredakan peradangan.

Kombinasi tersebut dapat membantu meredakan nyeri dan kemerahan yang terkait dengan peradangan sendi.

2. Dapat meningkatkan mood 

Jika kamu seorang peminum kopi biasa, secangkir kopi pagi mungkin sudah terasa seperti ritual yang hangat dan nyaman.

Namun, tidak ada salahnya jika menambahkan antidepresan kurkumin ke kafein. Tentu ini akan menjadi minuman yang dapat membuat suasana hatimu lebih baik.

3. Dapat membantu mengendalikan gula darah

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition & Intermediary Metabolism pada 2018 menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengelola gula darah pada tubuh.

Kontrol gula darah sangat penting untuk mencegah komplikasi dari diabetes, termasuk penyakit jantung, ginjal, kerusakan saraf, dan penurunan penglihatan.

4. Dapat meredakan masalah pencernaan

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Medicine menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan ketidaknyamanan perut akibat sindrom iritasi usus besar (IBS).

Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology menunjukkan bahwa menambahkan kurkumin ke dalam pengobatan resep untuk kolitis ulserativa dapat membantu meredakan gejalanya.

5. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Meskipun banyak faktor penyebab penyakit jantung, salah satunya adalah faktor genetik. Peradangan juga bisa menjadi pemicunya. 

Kabar baiknya turmeric coffee mengandung zat anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam Biotechnology Advances menunjukkan bahwa kekuatan anti inflamasi kurkumin yang dikombinasikan bersama dengan bahan-bahan seperti kayu manis dan jahe dapat membantu menurunkan beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Yang termasuk penyakit kardiovaskular adalah kolesterol dan tekanan darah. Hal ini, bergantung pula dengan gaya hidup yang kita terapkan.

Olivia Audrey, ND yang merupakan seorang dokter ahli naturopati bersertifikat merekomendasikan untuk menambahkan minuman ini ke dalam rutinitas makan dan minum harian.

Ilustrasi kopi kunyit shutterstock© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi kopi kunyit shutterstock

Untuk anda yang ingin mencoba meracik Turmeric Coffee sendiri di rumah. Berikut resep yang bisa anda ikuti:

Bahan-bahan

1/2 cangkir susu atau susu nabati

1 sendok teh kunyit bubuk

1/2 sendok teh kayu manis bubuk

1/4 sendok teh jahe bubuk

Sejumput lada hitam

8 ons kopi yang diseduh

1 sendok teh sirup maple murni (opsional)

Cara Membuat

Masak menggunakan panci kecil di atas api sedang, aduk susu, kunyit, kayu manis, jahe, merica, dan kopi.

Haluskan dengan cepat menggunakan blender atau sendok pengocok. Untuk kopi manis, tambahkan sirup maple. Tuang ke dalam cangkir kopi dan nikmati.

Namun kamu juga bisa menambahkan bubuk kunyit ataupun potongan kunyit ke dalam kopi hitam bila suka.

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: