Info Kopi

Minum dua cangkir kopi sehari turunkan risiko diabetes?

Manfaat Kopi

Banyak orang yang suka mengawali hari dengan minum kopi untuk meningkatkan energi. Namun tahukah Anda bahwa kopi tak sekedar bisa meningkatkan energi? Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa minum kopi bisa memberikan manfaat lain yaitu mencegah seseorang terkena diabetes tipe-2.

Penelitian terbaru yang dipresentasikan di WCPD (World Congress for the Prevention of Diabetes) mengungkap bahwa mengonsumsi beberapa cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko diabetes, seperti dilansir oleh Daily Health Post (18/12).

Penelitian ini menunjukkan bahwa mengonsumsi beberapa cangkir kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2 hingga 25 persen dibandingkan dengan orang yang minum kopi kurang dari dua cangkir setiap hari atau tak minum kopi sama sekali. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa menambahkan jumlah kopi yang dikonsumsi justru bisa menurunkan risiko hingga delapan persen lebih banyak.

Kabar baiknya, Anda tak perlu takut overdosis kafein ketika meminumnya karena Anda bisa minum kopi yang tak mengandung kafein. Kopi yang tak mengandung kafein pun memperlihatkan adanya efek yang sama, yaitu bisa menurunkan risiko diabetes tipe-2.

Meski kopi diketahui bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2 namun sebaiknya berhati-hatilah saat meminum kopi Anda. Jangan menambahkan terlalu banyak gula atau susu pada kopi karena ini justru bisa mengurangi khasiat kopi untuk mencegah diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: