Info Kopi

Kopi hitam atau latte, mana yang lebih baik?

Jenis kopi

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, salah satunya adalah dalam hal minuman. Para pecinta kopi pun memiliki kegemarannya masing-masing, entah itu kopi hitam atau kopi latte.

Namun jika dikaitkan dengan kesehatan dan diet, sebenarnya mana yang lebih sehat di antara dua jenis kopi ini? Mari simak perbandingan antara kopi hitam dan latte berikut ini, seperti dilansir oleh Health Me Up (21/01).

Kopi Hitam

Kopi hitam biasanya dikonsumsi tanpa susu, krim, atau gula. Kopi jenis ini sangat kuat dan sangat baik untuk meningkatkan energi. Secara umum, kopi hitam dibuat dengan menyeduh biji kopi dengan air panas. Kopi hitam memiliki beberapa manfaat kesehatan, sebagai berikut:

– Mengurangi risiko kanker;
– Mencegah penyakit saraf;
– Kaya antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas;
– Baik untuk menangkal penyakit diabetes tipe-2;
– Meningkatkan kesehatan jantung, dan
– Mencegah depresi.

Kopi bisa menyebabkan peningkatan berat badan. Namun jika Anda mengonsumsi kopi hitam tanpa susu dan gula, Anda akan terhindar dari efek tersebut. Kopi hitam adalah pilihan tepat jika Anda tak ingin menambah berat badan.

Kopi Latte

Latte pada dasarnya dibuat dengan mencampurkan kopi dengan susu. Meski begitu saat ini terdapat banyak jenis latte yang dipadukan dengan berbagai macam rasa seperti mocca, cokelat, dan lainnya.

Latte diketahui memiliki manfaat kesehatan yang sama dengan kopi hitam. Namun kopi hitam dianggap lebih sehat karena tidak mengandung susu atau tambahan komposisi lainnya. Namun mengonsumsi terlalu banyak kopi latte setiap hari bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Hal ini karena adanya tambahan susu dan gula pada kopi yang berkemungkinan menyebabkan kegemukan. Namun Anda juga bisa menghindari hal tersebut dengan menggunakan susu rendah kalori serta mengganti gula dengan pemanis alami lainnya yang tak menyebabkan kegemukan.

Itulah perbandingan antara kopi hitam dan latte. Keduanya sama-sama nikmat dan bermanfaat untuk kesehatan jika Anda tahu bagaimana mengonsumsinya. Anda bisa memilih kopi hitam yang lebih sehat dan tak bikin gemuk. Namun tentunya hal ini kembali pada selera masing-masing orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: